Ini dia jenis makanan untuk mengatasi kelebihan sel darah putih

Ini dia jenis makanan untuk mengatasi kelebihan sel darah putih

Ini dia jenis makanan untuk mengatasi kelebihan sel darah putihSel darah putih (leukosit) merupakan sel yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang. Sel ini berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi serta sel-sel tumor (kanker). Leukosit sendiri ada beberapa jenis, yakni neutrofil, limfosit, monosit, eosinofil, dan basofil. Masing-masing sel di atas memiliki peranan yang berbeda-beda bagi tubuh.

Pada saat terjadi infeksi, sel darah putih atau leukosit akan meningkat. Selain itu peningkatan sel darah putih atau leukositosis dapat disebabkan oleh adanya produksi sel darah yang tidak normal, gangguan sistem kekebalan tubuh atau akibat reaksi terhadap obat.

Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa memicu leukositosis adalah:

  • Infeksi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Infeksi bisa terjadi di sistem organ manapun, seperti saluran pernapasan, saluran pencernaan, saluran kemih, dan sebagainya. Secara klinis, infeksi umumnya ditandai dengan demam.
  • Alergi. Leukositosis bisa juga ditemukan pada orang yang menderita asma, rhinitis, dan penyakit alergi lainnya.
  • Kanker. Kanker, termasuk kanker pada sumsum tulang seperti leukemia atau multiple myeloma bisa menyebabkan leukositosis dengan kadar yang sangat tinggi, yakni lebih dari 30.000 sel/ mm kubik
  • Penyebab lainnya, seperti kelainan sumsum tulang, stres psikis, kelelahan kronis, asupan obat-obatan tertentu (misalnya lithium dan beta agonis), operasi pengangkatan limpa, anemia hemolitik, dsb

Namun, beberapa penanganan medis mungkin dibutuhkan untuk mengatasi kelebihan sel darah putih lain. Penanganan tersebut dapat meliputi

  • Pemberian cairan infus mungkin dilakukan untuk memberi pasien cairan ekstra dan elektrolit
  • Obat-obatan dapat diberikan untuk meredakan inflamasi atau mengatasi infeksi.
  • Leukapheresis adalah prosedur untuk menurunkan jumlah sel darah putih. Prosedur dilakukan dengan pengambilan darah. Sel darah putih dalam darah akan dipisahkan dan dibuang. Kemudian, darah akan kembali disuntikkan ke tubuh pasien.

Ini dia jenis makanan untuk mengatasi kelebihan sel darah putih

Buah yang Kaya akan Vitamin C

Vitamin C sangat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi karena bakteri, jamur, dan virus. Beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi sebagai buah penurun leukosit adalah jambu biji, pepaya, berry, dan jeruk.

Makanan yang Kaya akan Antioksidan

Cara menurunkan leukosit dengan bahan makanan yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan anti oksidan. Produk makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu tubuh untuk melawan zat radikal bebas yang berpotensi menyebabkan infeksi.

Beberapa bahan makanan kaya anti oksidan yang bisa Anda coba untuk konsumsi adalah teh hijau, bawang putih, bawang daun, dan bawang bombay.

Asam lemak omega-3

Selain makanan yang kaya akan antioksidan, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan lemak omega-3. Makanan yang kayak akan asal lemak omega-3 ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga memaksimalkan aktivitas fagosit. Fagosit adalah jenis dari darah putih yang melindungi tubuh Anda dari serangan berbagai bakteri.

Itulah jenis makanan untuk mengatasi kelebihan sel darah putih yang bisa kamu coba di rumah sebagai cara mengatasi kelebihan sel darah putih. Terima kasih atas kunjungannya semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat.

Baca juga :

Kelebihan sel darah putih, Sel darah putih berlebihan, Bahaya kelebihan sel darah putih, Cara mengatasi kelebihan sel darah putih, obat penurun sel darah putih tinggi, obat untuk mengatasi kelebihan sel darah putih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*