7 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

7 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

7 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk SahurRamadan (dalam bahasa Arab: رمضان, Ramadān ) adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Selama sebulan penuh, pengamat Islam cepat dari matahari terbit hingga terbenam. Selama puasa, tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi, dan pikiran harus tetap murni.

Selama Ramadhan, dua makanan utama disajikan: sahur, yang disajikan sebelum fajar, dan buka puasa, yang disajikan setelah matahari terbenam. Sahur harus menjadi makanan yang sehat dan sehat untuk menyediakan energi yang dibutuhkan sepanjang hari puasa – itu berakhir ketika matahari terbit dan fajar , atau doa pagi, dimulai.

Memilih menu makan sahur yang tepat akan memberikan energi yang maksimal sehingga kita bisa puasa tanpa merasa terganggu karena mengantuk atau badan lemas. Berikut ini adalah 7 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sahur:

1. Cukup karbohidrat
Pilihlah makanan untuk sahur yang cukup mengandung karbohidrat serta protein. Terutama protein nabati juga hewani. Sebagai lauk pauk, Anda bisa memilih daging atau ikan.

2. Usahakan baru
Apabila terpaksa ada makanan untuk buka puasa yang tersisa, jangan jadikan sisa makanan tersebut sebagai menu sahur. Karena makanan yang tidak baru lagi atau sisa akan mengurangi kandungan gizi dalam menu tersebut.

3. Hindari yang berlemak
Kurangilah makanan-makanan berlemak seperti gorengan atau kuah santan, karena makanan tersebut akan berat untuk dicerna

tubuh. Bila sudah demikian, tubuh Anda akan banyak mengeluarkan cairan, hasilnya Anda akan lebih cepat mengalami dehidrasi.

4. Perbanyak air putih
Jangan biarkan Anda dehidrasi selama puasa. Minumlah air putih sebanyak dan sesering mungkin di waktu sahur, berbuka dan jeda waktu antara buka dan sahur. Ingat, air juga merupakan sumber energi.

5. Hindari makanan manis
Makanan manis hanya cocok untuk menu berbuka puasa. Namun kebanyakan makan manis ketika makan sahur justru akan membuat tubuh lebih cepat merasa lapar ketika siang hari. Makanan manis memang berguna untuk memberikan energi, namun tidak untuk jangka waktu yang lama. Lebih baik Anda perbanyak makanan berserat.

6. Minum susu
Minumlah susu sebagai pelengkap ketika sahur. Apalagi jika menu sahur Anda berat, minum susu bisa dilakukan saat berbuka.

7. Buah-buahan
Berbagai sumber vitamin bisa didapatkan dari berbagai buah. Untuk sahur, apel dan anggur cukup ringan Anda konsumsi. Namun ingat, jangan makan berlebihan.

Sumber :
http://grandie.blogspot.co.id/2015/06/sahur-sehat-puasa-hebat-healthy-fasting.html
https://www.thekitchn.com/the-food-of-ramadan-when-and-what-to-eat-94989

Baca juga :

7 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *